Soal UAS dan UTS mata kuliah Java Semester 1

Berikut adalah contoh soal yang bisa dipelajari dalam mata kuliah prodi informatika dengan mata kuliah java di semester 1 sebagai referesi atau media menghafal

Soal Pilihan Ganda

1. Apa yang dimaksud dengan OOP?

a. Object Oriented Programming

b. Oriented Object Programming

c. Object Programming Oriented

d. Programming Oriented Object

Jawaban: A

2. Apa yang dimaksud dengan class dalam bahasa Java?

a. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data

b. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data dan method

c. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data, method, dan attribute

d. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data dan attribute

Jawaban: B

3. Apa yang dimaksud dengan object dalam bahasa Java?

a. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data

b. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data dan method

c. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data, method, dan attribute

d. Sebuah bagian dari program yang menyimpan data dan attribute

Jawaban: C


4. Bagaimana cara membuat object dari suatu class dalam bahasa Java?

a. Dengan menggunakan keyword new

b. Dengan menggunakan keyword create

c. Dengan menggunakan keyword object

d. Dengan menggunakan keyword instance

Jawaban: A
5. Apa yang dimaksud dengan inheritance dalam bahasa Java?

a. Sebuah mekanisme dimana suatu class dapat mengakses data dan method yang ada pada class lain

b. Sebuah mekanisme dimana suatu class dapat memodifikasi data dan method yang ada pada class lain

c. Sebuah mekanisme dimana suatu class dapat menambahkan data dan method baru pada class lain

d. Sebuah mekanisme dimana suatu class dapat mengimplementasikan data dan method yang ada pada interface

Jawaban: A
6. Apa yang dimaksud dengan polymorphism dalam bahasa Java?

a. Sebuah mekanisme dimana suatu method dapat memiliki beberapa implementasi yang berbeda

b. Sebuah mekanisme dimana suatu class dapat memiliki beberapa implementasi yang berbeda

c. Sebuah mekanisme dimana suatu object dapat memiliki beberapa implementasi yang berbeda

d. Sebuah mekanisme dimana suatu interface dapat memiliki beberapa implementasi yang berbeda

Jawaban: A

7. Apa yang dimaksud dengan constructor dalam bahasa Java?

a. Sebuah method yang digunakan untuk membuat object

b. Sebuah method yang digunakan untuk menghapus object

c. Sebuah method yang digunakan untuk memodifikasi object

d. Sebuah method yang digunakan untuk mengakses object

Jawaban: A

8. Apa yang dimaksud dengan interface dalam bahasa Java?

a. Sebuah kumpulan method yang harus diimplementasikan oleh class yang mengimplementasikannya

b. Sebuah kumpulan method yang boleh diimplementasikan oleh class yang mengimplementasikannya

c. Sebuah kumpulan method yang tidak boleh diimplementasikan oleh class yang mengimplementasikannya

d. Sebuah kumpulan method yang tidak perlu diimplementasikan oleh class yang mengimplementasikannya

Jawaban: A


9. Apa yang dimaksud dengan exception dalam bahasa Java?

a. Sebuah kejadian yang terjadi saat program sedang berjalan yang dapat menyebabkan program terhenti atau bermasalah

b. Sebuah kejadian yang terjadi saat program sedang dibuat yang dapat menyebabkan program terhenti atau bermasalah

c. Sebuah kejadian yang terjadi saat program sedang dijalankan yang dapat menyebabkan program terhenti atau bermasalah

d. Sebuah kejadian yang terjadi saat program sedang dihapus yang dapat menyebabkan program terhenti atau bermasalah

Jawaban: A


10. Apa yang dimaksud dengan java.util.Scanner dalam bahasa Java?

a. Sebuah kelas yang digunakan untuk mengambil input dari user

b. Sebuah kelas yang digunakan untuk menampilkan output ke user

c. Sebuah kelas yang digunakan untuk menyimpan data

d. Sebuah kelas yang digunakan untuk mengolah data

Jawaban: A

Soal Essay



1. Sebutkan dan jelaskan 3 keuntungan menggunakan OOP dalam pemrograman!

Jawaban:
  1. Encapsulation: OOP memungkinkan kita untuk menyembunyikan rincian implementasi dari sebuah class dan hanya menyediakan interface yang dapat digunakan oleh class lain. Ini berguna untuk menjaga integritas data dan memudahkan debugging dan maintenance program.
  2. Inheritance: OOP memungkinkan kita untuk menurunkan sifat dan behavior dari suatu class ke class lain, sehingga kita dapat dengan mudah membuat class baru yang merupakan perluasan dari class yang sudah ada. Ini berguna untuk mengurangi duplikasi kode dan mempercepat pengembangan program.
  3. Polymorphism: OOP memungkinkan kita untuk membuat method yang memiliki nama yang sama tapi memiliki behavior yang berbeda pada class yang berbeda. Ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas program dan memudahkan maintenance program.
2. Sebutkan dan jelaskan 3 contoh penggunaan interface dalam pemrograman Java!

Jawaban:


  1. Implementasi interface Comparable pada class String untuk membandingkan dua string berdasarkan panjangnya.
  2. Implementasi interface ActionListener pada class Button untuk menangani event klik pada sebuah tombol.
  3. Implementasi interface Runnable pada class Thread untuk menjalankan suatu proses secara paralel.

3. Jelaskan bagaimana cara menangani exception dalam pemrograman Java!

Jawaban:


Untuk menangani exception dalam pemrograman Java, kita dapat menggunakan pernyataan try-catch. Pernyataan try digunakan untuk mengeksekusi kode yang memiliki potensi untuk menimbulkan exception. Jika exception terjadi, maka eksekusi akan langsung dialihkan ke pernyataan catch yang bertugas untuk menangani exception tersebut.

Contoh penggunaan try-catch:
try {
// kode yang memiliki potensi untuk menimbulkan exception
} catch (Exception e) {
// kode untuk menangani exception
}




Sebutkan dan jelaskan 3 kelebihan menggunakan package dalam pemrograman Java!


Jawaban:

  1. Menyediakan namespace yang terpisah untuk setiap class, sehingga kita dapat menghindari nama class yang sama di package yangberbeda.
  2. Memudahkan organisasi kode dengan mengelompokkan class-class yang berhubungan ke dalam package yang sama.
  3. Memudahkan import class dari package lain dengan menggunakan wildcard (*).


5. Jelaskan bagaimana cara menggunakan java.util.Scanner untuk mengambil input dari user dalam pemrograman Java!

Jawaban:

Untuk menggunakan java.util.Scanner untuk mengambil input dari user dalam pemrograman Java, pertama-tama kita perlu membuat object Scanner dengan menggunakan konstruktor yang menerima input dari System.in. Kemudian, kita dapat menggunakan method yang tersedia pada Scanner seperti nextInt(), nextDouble(), dan nextLine() untuk mengambil input dari user berdasarkan tipe data yang diinginkan. 


Contoh penggunaan java.util.Scanner:
Scanner input = new Scanner(System.in);
// Mengambil input integer dari user
System.out.print("Masukkan angka: ");
int angka = input.nextInt();
// Mengambil input double dari user
System.out.print("Masukkan bilangan desimal: ");
double bilanganDesimal = input.nextDouble();
// Mengambil input string dari user
System.out.print("Masukkan kata: ");
String kata = input.nextLine();